Friday, March 6, 2009

WHY YOKO KANNO?

Yoko Kanno rat Pictures, Images and Photos
Well, dari dulu entah kenapa gw selalu terpukau dengan orang-orang yg jenius dalam bidang seni. Entah itu musisi la, novelis, komikus, dll. Naah...salah satu yg bikin gw sangat sangat SANGAT terpukau adalah wanita yang bernama Yoko Kanno ini, seorang composer dari Jepang yg namanya udah terkenal banget atas karya2nya dalam membuat soundtrack di beberapa Anime terkenal, seperti Cowboy Bebop, Escaflowne, Wolf’s Rain, Macross Plus, Raxephone, Ghost In The Shell: The Stand Alone Complex, dll.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah ”Why Yoko Kanno?” Kenapa gw sangat memfavoritkan beliau? Apa yang spesial dari dia dibandingkan dengan musisi2 besar lainnya seperti Joe Hisaishi yg sering mengisi soundtrack dlm film2nya Studio Ghibli ataupun Kajiura Yuki yang juga salah satu composer besar di Jepang dalam dunia anime? Kenapa harus Yoko Kanno?

Jawabannya simpel, karena dia gk stagnan. Ho ho ho...yup yup yup…yea yea yea…Tepat sekali!! Yoko Kanno adalah satu2nya musisi/composer yg style musicnya bervariasi! Dlm hal ini, gw bener2 menekankan kata BERVARIASI, krn lagu2nya emang sangat sangat SANGAT BERVARIASI!! Woohoo! Gw bener2 terpukau! Jazz dia bisa, orchestra dia bisa, music waltz bisa, spanish song bisa, bahkan opera, techno, pop, slow pop, dan berbagai jenis lagu lainnya yg gw sendiri gk bisa mengkategorikan saking uniknya! Gila! Yoko Kanno emang kereeen abiis!!!

Dia sering banget melakukan eksperimen dalam musik2nya, membuat lagu2nya jadi cem-macem, menarik, dan orang jadi gk pernah bosen mendengarnya krn bervariasi. Inilah salah satu keunggulan Yoko Kanno dibandingkan composer lain. Klo gw bandingin dengan composer lain, gw jauh lebih salut ama Yoko Kanno, bahkan Hyde, musisi kesayangan gw sekalipun...gw tetep lebih mengakui skill nya Yoko Kanno(gw lbh nge-fans personality nya Hyde drpada skillnya^^)

Nah berikut pembahasan lebih lanjut tentang lagu2 Yoko Kanno:

Lagu2 dari soundtrack Cowboy Bebbop:
Yoko Kanno Pictures, Images and Photos

Alirannya nge-jazz abis, seperti What Planet Is This dan Tank yg istrumen utamanya adalah trumphet dan saxophone. Untuk lagu2 yg satu ini, Yoko Kanno pake grup band yg dia buat sendiri bernama Seatbelt. Keknya band yg satu ini mengkhususkan diri sebagai band aliran jazz dan Yoko Kanno berperan sebagai pianist dan composernya. Lalu ada Gotta Knock a Little Harder(salah satu lagu fav gw), dan juga ada beberapa lagu yg lari sendiri, seperti ELM. Lagu yg kesannya Spanish banget, full acoustic guitar dan dinyanyiin langsung ama orang Spanyol asli!! Yay! Keren gk tuh. Selain Elm, ada juga Cats On Mars. Lagu yg satu ini sumpah, imut banget! Bener2 bikin gw keinget kucing lucu tiap kali dengernya. Mana yg nyanyiin Gabriela Robin lagi, secara suaranya kan kekanak-kanakan banget. Cocok dengan kesan kucing imut dari Mars. Wakakak...Two Thumbs Up!!!

Lagu2 dari soundtracknya Wolf’s Rain:
wolfs rain Pictures, Images and Photos

Yup! Yoko Kanno sukses bikin gw nangis bombay waktu nonton animenya!!! Lagu ama endingnya...adooh...menyayat hati banget!! Gw dengerinnya aja walo tanpa nonton bs bikin gw nangis! Terutama lagu bjudul Gravity yg dinyanyiin salah satu penyanyi kesayangan gw, Maaya Sakamoto(my supa dupa fav song). Juga lagunya yg bjudul Tell Me What The Rain Knows (msh juga dinyanyiin oleh Maaya) Hah...gw gk bs berkata apa2 dah. T.O.P!!

Lagu2 dari soundtracknya Ghost In The Shell: The Stand Alone Complex:
Ghost in the shell stand alone complex Pictures, Images and Photos


Untuk yg satu ini, gw bener2 tepuk tangan. Percaya de, lagu2nya jauh berbeda dengan kedua album di atas. Lebih berat, banyak pake gitar listrik dan drum yg sangat nge-beat, tp juga ada sedikit sentuhan techno nya. Beda banget kan? Itu sih blm apa2 klo diliat dari album2 lainnya. Yang nurut gw paling keren dari lagu2nya di GITS: The Stand Alone Complex adalah lagu openingnya yg judulnya Inner Universe. Beeh...itu beatnya mantap abis. Nadanya Russian banget, tp mixingnya itu lo! Gk kuku!! Techno gmn ya? Gw gk bisa mendeskripsikan dng jelas saking uniknya^^

Lagu2 dari soundtracknya Escaflowne:
escaflowne Pictures, Images and Photos

Kumpulan lagu yg satu ini...hmm...gmn ya...dari lagu2 di Escaflowne inilah yg bikin gw menyadari klo ternyata ada seorang composer jenius bernama Yoko Kanno di dunia ini. Wakakaka...lagu di album ini, hmm klo yg istrument, mostly orchestra dan orchestra nya gk kalah bagus dengan Joe Hisaishi lo!!! Keren gk tuh, bs ampir smua jenis musik! Ckckckc...keren abis dah Yoko Kanno ini . Selain itu lagu2nya banyak main di biola, dsb. Bahkan ada satu lagu yg dinyanyiin secara Choir, waktu mam gw denger, beliau pikir itu lagu gereja!! Wakakaka…tp emang lagunya kedengaran kyk lagu greja si. (Tp bodohnya, gw lupa judulnya apa dan lbh bodoh lg gw menghilangkan lagunya T T Waa!! Bodo skali gw!) Klo lagu yg dinyanyiin, mostly sung by Maaya Sakamoto!! Hahaha…secara Maaya adalah seiyuu (voice actress) dari tokoh utama Escaflowne!! Jadilah hampir smua lagu2nya yg bukan instrument dinyanyiin ama Maaya, dan kebanyakan jenisnya rada nge-pop gt, kyk Yakusoku Wa Iranai, Empty The Pocket, dan Yubiwa. Selain lagu di atas, ada satu lagu yg nyentuh banget bwt gw…judulnya If You. Pertama kali gw denger lagu ini, gw langsung dapet feelingnya. Lagu yg kesannya ironis, patah hati. Bahkan gw gk denger lyricnya aja gw uda nangkep isi dari lagunya. Ini salah satu lagu yg bikin gw nangis tanpa sebab selain lagu Breathe Again-nya Toni Braxton. Duh…lagu orang patah hati yg hatinya trasa diiris2. Gw yg gk patah hati aja waktu dengerinnya serasa patah hati beneran! Hu hu hu…makanya gw nangis…aduu…lagunya mang mantap banget. Sesuai slera gw^^

No comments: